Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Kopi Tuli Cabang Duren Tiga)

Anwarie, Muhammad Zein (2019) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Kopi Tuli Cabang Duren Tiga). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri kuliner merupakan industri kreatif yang memberikan kontribusi paling besar untuk perekonomian Indonesia. Perkembangan industri kuliner yang pesat menuntut setiap pelaku usaha untuk menyajikan kualitas produk yang terbaik dan strategi pemasaran yang tepat agar mampu bersaing dan tetap bisa bertahan di pasaran. Salah satu dari strategi pemasaran tersebut yang dapat diterapkan adalah penetapan harga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada Kopi Tuli cabang Duren Tiga. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan metode Slovin dengan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan responden sebanyak 326 orang responden. Perangkat pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS Statistic versi 23.0. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala 5 Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda, kemudian dilakukan teknik analisis data primer dan Uji Asumsi Klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara parsial. Kualitas produk turut berkontribusi sebesar 51,4% dalam membangun variabel keputusan pembelian melalui nilai R Square, Harga juga turut berkontribusi sebesar 42,1% dalam membangun variabel keputusan pembelian melalui nilai R Square. Kedua variabel tersebut juga secara bersama-sama berkontribusi dalam membangun keputusan pembelian sebesar 55,4% melalui nilai Adjusted R Square. Kemudian secara simultan kualitas produk dan harga juga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi pada masing-masing pengujian < 0.05, yakni 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini, dapat dinyatakan bahwa kualitas produk dan harga mampu memberikan pengaruh untuk meningkatkan keputusan pembelian pada Kopi Tuli cabang Duren Tiga. Adapun saran dari peneliti bagi Kopi Tuli cabang Duren Tiga untuk terus meningkatkan aspek kualitas produk dan harga untuk mendapatkan keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 18 May 2022 04:22
Last Modified: 18 May 2022 04:22
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item