Pengaruh online consumer review dan rating terhadap keputusan pembelian produk kecantikan (studi kasus: Female Daily)

Amini, Rapida Aisyah (2019) Pengaruh online consumer review dan rating terhadap keputusan pembelian produk kecantikan (studi kasus: Female Daily). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan produk kosmetik di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 20% pada tahun 2018. Pada saat yang sama perkembangan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 143,26 juta pengguna telah membentuk gaya hidup dan preferensi salah satunya dalam pencarian informasi produk kecantikan tersebut. Salah satu cara mencari informasi sebuah produk saat ini sudah berubah dramatis dimana konsumen dapat mencari informasi melalui komunitas online yang menyediakan online consumer review dan rating didalamnya. Online consumer review dan rating diindikasikan sebagai alat yang mendukung keputusan pembelian. Penelitian ini berfokus terhadap pengguna salah satu komunitas online perempuan terbesar di Indonesia (Female Daily) dimana memiliki tujuan mencari pengaruh online consumer review dan rating terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di Female Daily. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dengan sifat deskriptif serta metode kausal dengan menyebar kuesioner terhadap 218 pengguna Female Daily. Penyebaran kuesioner menggunakan skala likert. Pengujian penelitian menggunakan uji asumsi klasik, analisis structural equation modelling (sem) menggunakan metode estimasi maximum likelihood. Hasil penelitian menunjukan jika online consumer review memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian diawali oleh dimensi reviewer expertise dan diikuti oleh usefulness online review, valence online review, timeliness review, comprehensive review dan terakhir volume online review. Sedangkan rating diindikasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun online consumer review dan rating bersama sama berkontribusi terhadap keputusan pembelian sebanyak 74% dan 26% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini secara parsial online consumer review terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Akan tetapi rating tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Online consumer review dan rating secara bersama sama terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian produk kecantikan. Hasil penelitian ini bias dijadikan strategi bagi industri kecantikan untuk menjadikan online consumer review sebagai strategi marketing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 25 May 2022 01:29
Last Modified: 25 May 2022 01:29
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item