Pengaruh citra merek, promosi dan online customer experince terhadap keputusan pembelian (Studi pada aplikasi tokopedia)

Taufiqurrifaldi, Muhammad (2020) Pengaruh citra merek, promosi dan online customer experince terhadap keputusan pembelian (Studi pada aplikasi tokopedia). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tokopedia adalah perusahaan bisnis marketplace terkemuka di Indonesia yang memungkinkan individu, toko kecil dan merek untuk membuka dan mengelola toko online. 90 juta lebih banyak pengguna aktif setiap bulan, 6,4 juta lebih banyak penjual yang menggunakan aplikasi Tokopedia. Bahkan ekonomi Indonesia bergerak pada tingkat tinggi, lebih dari 1% dari total ekonomi Indonesia terjadi di Tokopedia. Studi ini menganalisis citra merek, promosi, dan online customer experience tentang keputusan pembelian pada Aplikasi Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sifat deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 236 responden yang sudah pernah menggunakan aplikasi Tokopedia untuk membeli produk atau jasa dan memiliki aplikasi Tokopedia,menonton, teknik sampling menggunakan teknik Convinience sampling dengan penentuan sampel menggunakan metode Hair. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode analisis linear berganda dan uji asumsi klasik. Perangkat pengolahan data dalam penelitian ini adalah IBM SPSS Statistik. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa citra merek, promosi dan online customer experience memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,681 atau sebesar 68,10% dan sisanya sebesar 31,90% dipengaruhi faktor lain. Selain itu penelitian ini juga menunjukan online customer experience memiliki pengaruh lebih kuat dibandingkan promosi dan citra merek. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel citra merek, promosi dan online customer experience memberikan pengaruh untuk meningkatkan keputusan pembelian, adapun saran peneliti untuk Tokopedia yaitu untuk melihat beberapa faktor lain untuk meningkatkan keputusan pembelian, dan terus meningkatkan kualitas dari citra merek, promosi dan online customer experience yang dimiliki Tokopedia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:42
Last Modified: 02 Nov 2022 09:42
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item