Analisis pengaruh citra merek dan ekuitas merek terhadap minat beli konsumen (studi kasus: SC Banana)

Lubis, Ismail Faruqi (2021) Analisis pengaruh citra merek dan ekuitas merek terhadap minat beli konsumen (studi kasus: SC Banana). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketatnya persaingan di industri makanan dan minuman, banyaknya produk sejenis yang ada di pasaran, tingginya pelaku IMK di jawa barat, dan produk yang memiliki popularitas yang tinggi dalam artian memiliki strategi branding yang baik, melatarbelakangi dalam penelitian ini. Sebuah merek baik produk maupun jasa yang memiliki citra merek yang positif dimata konsumen akan mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Ekuitas merek yang tinggi mengingatkan kembali kepada konsumen lama dengan menawarkan promo terbarunya namun tidak menutup kemungkinan memberikan dorongan konsumen baru agar menumbuhkan minat beli seorang konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert dan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 105 responden dengan kriteria; sudah pernah melakukan pembelian terhadap produk. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji regresi parsial (uji t), dan uji regresi berganda (uji F). Hasil analisis dari penelitian, menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) citra merek memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,040 dan t hitung sebesar 2,077. ekuitas merek memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 4,940. Selain itu untuk hasil uji regresi berganda (uji F) citra merek dan ekuitas merek terhadap minat beli konsumen memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan F hitung sebesar 28,745. Besar kontribusi variabel citra merek dan ekuitas merek secara bersama-sama dapat menjelaskan minat beli konsumen adalah sebesar 34,8% dan untuk sisanya sebesar 65,2% adalah kontribusi variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan (1) citra merek terhadap minat beli konsumen, (2) ekuitas merek terhadap minat beli konsumen, (3) citra merek dan ekuitas merek secara simultan terhadap minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 02 Nov 2022 10:20
Last Modified: 16 Aug 2023 02:39
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item