Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Dan Gaya Hidup Belanja Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Belanja Online Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee Daerah Bekasi)

Prasetyo, Andre (2022) Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Dan Gaya Hidup Belanja Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Belanja Online Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee Daerah Bekasi). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di masa pandemi Covid-19, perilaku belanja masyarakat Indonesia telah berubah, yang sebelumnya dilakukan secara offline namun kini mulai berubah belanja dilakukan secara online. belanja online di masa pandemi Covid-19 sudah menjadi gaya hidup baru untuk tetap bisa memenuhi kebutuhannya dan tidak bisa lagi dihindari di tengah pandemi Covid-19. Munculnya toko online dengan tujuan untuk dapat mempermudah konsumen dalam berbelanja sehingga konsumen memiliki rasa untuk lebih sering berbelanja. Konsumen yang memiliki gairah emosional yang tinggi biasanya sering mengalami pengalaman berbelanja yang hedonis, menurut Gultekin dan Ozer (2012). Akan tetapi, belanja online dengan kemudahan yang ditawarkan dan juga memiliki kelebihan seperti berbagai macam produk, harga dan lain-lain dapat menyebabkan terbentuknya perilaku konsumtif pada konsumen. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif, dengan sifat deskriptif serta metode kausal. Penelitian dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% dan standar kesalahan 5% (0,05). Pengujian yang dilakukan menggunakan teknis analisis linier berganda dan uji asumsi klasik. Sampel dalam penelitian ditentukan menggunakan metode Hair dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan responden sebanyak 120 orang. Perangkat pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic Ver. 23.0. Hasil analisis dalam penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Motivasi Belanja Hedonis memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumtif, kemudian secara parsial variabel Gaya Hidup Belanja memberikan pengaruh terhadap Perilaku Konsumtif, dan secara bersama-sama variabel Motivasi Belanja Hedonis dan Gaya Hidup Belanja memeberikan pengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Konsumtif. Ketiga kesimpulan tersebut dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi masing-masing hipotesis memiliki nilai signifikansi lebih kecil (<) 0,05 dan nilai t lebih besar (>) dari 1,98. Kesimpulan dari penelitian ini, dapat dinyatakan bahwa variabel Motivasi Belanja Hedonis dan Gaya Hidup Belanja mampu memberikan pengaruh untuk meningkatkan perilaku konsumtif pada pengguna aplikasi shopee daerah bekasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:03
Last Modified: 16 Aug 2023 01:21
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item