Pengaruh Brand Ambassador Blackpink dan Brand Image Tokopedia terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia

Pratama, Aditya Zidan (2022) Pengaruh Brand Ambassador Blackpink dan Brand Image Tokopedia terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan e-commerce di era teknologi seperti sekarang semakin ketat dan tak bisa terbantahkan hal ini didukung dengan perkembangan pengguna e-commerce yang diprediksi terus meningkat setiap tahunnya, berbagai cara dilakukan untuk menarik konsumen salah satunya ialah dengan menjadikan seseorang atau sekelompok menjadi brand ambassador. pada 2018 Shopee menunjuk Blackpink sebagai brand ambassador dan hal serupa pun dilakukan oleh Tokopedia pada 2021 dengan menjadikan Blackpink sebagai brand ambassador tentunya hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menarik konsumen karena popularitas Blackpink sendiri yang sudah mendunia. Selain menunjuk Blackpink sebagai brand ambassador, Tokopedia juga terus meningkatkan kinerja mereka dan membangun brand image yang baik di masyarakat sebagai e-commerce yang mendukung pemerataan ekonomi di Indonesia dengan menyejahterakan para pelaku UMKM serta memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen dengan memberikan promo promo menarik seperti promo WIB dan promo cashback. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh yang diberikan brand ambassador Blackpink dan brand image Tokopedia terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia. Jenis penelitian ini mengguankan metode kuantitatif dengan design deskriptif dan analisis regresi linear berganda serta uji t dan F. Penelitian ini menggunakan 100 data konsumen Tokopedia dengan penyebaran kuesioner dalam bentuk skala liert sebagai data primer. Pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan diantaranya (1) brand ambassador tidak berpengaruh signifikan namun memiliki arah positif terhadap keputusan pembelian (2) brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (3) brand ambassador dan brand image secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:24
Last Modified: 16 Aug 2023 02:46
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item