Sistem Pakar Seleksi Penerimaan Beasiswa Generasi Emas Menggunakan Certainty Factor pada STMIK ESQ

Sundawijaya, Andika and Utama, Edo Surya and Ate, Iwan Sinanto (2021) Sistem Pakar Seleksi Penerimaan Beasiswa Generasi Emas Menggunakan Certainty Factor pada STMIK ESQ. Other. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ, Jakarta.

[img] Text
Laporan Akhir Penelitian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan buatan merupakan bahasan yang cukup diminati oleh banyak orang. Adapun untuk dunia permainan, kecerdasan buatan mampu memberikan inovasi yang baik terhadap permainan yang menggunakannya. Sebagai lawan, kecerdasan buatan mampu memberikan tantangan dengan intelektualitas tertentu dalam berpikir, sehingga pemain tidak harus mencari lawan tanding untuk bermain. Permainan strategi adalah salah satu genre permainan yang mana pemain harus memikirkan cara dengan menentukan pemikiran dan perencanaan yang matang dalam memperoleh kemenangan. Permainan kartu merupakan salah satu dari genre permainan strategi tersebut yang tepat jika menggunakan kecerdasan buatan sebagai lawan bermain atau pemberi saran pemilihan langkah yang tepat dalam permainan, Pada tipe permainan ini pemain bermain bergiliran dan memiliki kesempatan mengatur rencana dalam menjatuhkan lawannya. Penerapan kecerdasan buatan pada permainan kartu sebagai pemberi saran pemilihan langkah, menjadi dasar dilaksanakannya penelitian ini. Pada penelitian ini akan menerapkan algoritma fuzzy dengan inferensi Mamdani dalam menentukan saran pemilihan kartu yang optimal pada permainan kartu Yu-Gi-Oh. Pemilihan saran kartu menggunakan algoritma fuzzy Mamdani dilakukan berulang kali sebanyak 15 kali menggunakan data kartu Yu-Gi-Oh yang sudah diolah. Hasil dari model yang diperoleh yaitu akurasi pemilihan saran kartu yang optimal sebesar 0,7333 yang menunjukan bahwa akurasi penggunaan sistem yang sudah dirancang adalah cukup baik. Dari hasil tersebut peneliti memberikan rekomendasi dengan menambah kartu pada dataset seperti beberapa tipe kartu yang berbeda dan menambahkan atau menggunakan metode yang berbeda serta Analisis penambahan input pada variabel fuzzy untuk menambah keakuratan sistem dalam memilih saran kartu yang lebih optimal.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:51
Last Modified: 22 Jul 2023 09:51
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item