Analisis pengaruh kesadaran merek, harga, kualitaas, dan tempat jasa terhadap kepuasan pelanggan dengan kelas sosial sebagai variabel moderasi (Studi kasus pada orang tua peserta training event Indonesia)

Pranata, Rafi Irfan (2020) Analisis pengaruh kesadaran merek, harga, kualitaas, dan tempat jasa terhadap kepuasan pelanggan dengan kelas sosial sebagai variabel moderasi (Studi kasus pada orang tua peserta training event Indonesia). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terdapat 68% penduduk Indonesia pada tahun 2019 yang memasuki tahap usia produktif, dari presentase ini didapatkan 3.1% nya adalah pengusaha. Berdasarkan Sensus Ekonomi 2016 oleh Badan Pusat Statistik, didapatkan bahwa jumlah usaha pendidikan pada bidang Pendidikan Lainnya mencapai angka 109.791 ribu jenis usaha. Sedangkan perkembangan pasar aspiring middle class di Indonesia tahun 2019 mencapai angka 120 Juta masyarakat, yang dengan life style-nya akan berpotensi membentuk pasar baru. Sehingga untuk mengambil peluang dalam bidang jasa pendidikan, dibentuklah even+ Indonesia sebagai perusahaan rintisan yang fokus pada pendidikan Life-Skills untuk anak dan remaja di Indonesia. Dikarenakan even+ Indonesia bergerak pada industri jasa, ditemukan bahwa kesadaran merek, harga jasa, kualitas jasa, tempat jasa, dan kelas sosial memiliki indikasi mempengaruhi kepuasan pelanggan pada pelayanan jasa. Sehingga penelitian ini berfokus pada pengukuran kepuasan pelanggan pada orangtua dari peserta even+ Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan sifat deskriptif dan metode kausal komparatif menggunakan 84 sampel responden. Pengolahan data menggunakan Smart-PLS 2.0 M3. Penelitian ini menemukan, kontribusi tanpa menggunakan variabel moderasi, variabel kualitas jasa dan kelas sosial memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan dengan menggunakan variabel moderasi, tempat jasa dan harga jasa memberikan pengaruhnya pada variabel kepuasan pelanggan. Juga berdasarkan penelitian ini ditemukan nilai R-Square sebesar 0.723 atau sebesar 72.3% dimana ini dapat diartikan bahwa, dari variabel kesadaran merek, harga, kualitas, tempat jasa dan kelas sosial memberikan pengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 72.3%. Kesimpulannya bahwa, kepuasan pelanggan dalam orangtua peserta even+ Indonesia dapat dipengaruhi oleh variabel kelas sosial baik secara moderasi ataupun secara langsung. Serta juga ditemukan variabel kualitas jasa, memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, yang dimana indikator dengan nilai paling kecil dalam kualitas jasa berada pada kualitas kompetensi pengajaran, sehingga even+ Indonesia harus mulai melakukan perbaikan dan peningkatan kompetensi dari pengajarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:42
Last Modified: 02 Nov 2022 09:42
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item