Pengaruh payment gateway dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian dengan etika konsumsi islam sebagai variabel moderasi (Studi kasus: produk mukenah Dalanova, Widiping)

Mustaqor, Azmil (2022) Pengaruh payment gateway dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian dengan etika konsumsi islam sebagai variabel moderasi (Studi kasus: produk mukenah Dalanova, Widiping). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

[img] Text
2022-Azmil Mustaqor_1810110009-BM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memengaruhi perubahan tingkat konsumsi seseorang muslimah dengan adanya metode pembayaran non tunai yang menggunakan payment gateway dapat memberikan berbagai kemudahan transaksi dan kenyataannya dapat merugikan bagi pengguna. Khususnya konsumen muslim Indonesia yang memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian dengan mudah sehingga muncul sikap salah satunya sikap berlebihan ini termasuk tidak sesuai dengan etika konsumsi karena dilarang dalam agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Payment gateway dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian dengan etika konsumsi Islam sebagai variabel moderasi (studi kasus pada produk Mukenah Dalanova, Widiping. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Mukenah Dalanova pada Widiping pengguna payment gateway (OVO, Gopay, Flip, Dana,). Pengujian penelitian menggunakan uji instrumen dengan analisis structural equetion modelling (SEM). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini memiliki beberapa temuan yang menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan payment gateway terhadap keputusan pembelian pada produk Mukenah Dalanova, Widiping (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian pada produk Mukenah Dalanova, Widiping (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan etika konsumsi Islam terhadap keputusan pembelian pada produk Mukenah Dalanova, Widiping (4) terdapat pengaruh negatif dan signifikan etika konsumsi Islam sebagai variabel moderasi antara payment gateway terhadap keputusan pembelian produk Mukenah Dalanova, Widiping 5) terdapat pengaruh negatif dan signifikan etika konsumsi Islam sebagai variabel moderasi antara kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian pada produk Mukenah Dalanova, Widiping.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 04:17
Last Modified: 16 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item