Peran kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dalam pengaruh pemasaran berbasis pengalaman (experiential marketing) media sosial terhadap loyalitas pelanggan Mcdonald’s Indonesia (studi kasus BTS meal)

Lestari, Oktaviani Puji (2022) Peran kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dalam pengaruh pemasaran berbasis pengalaman (experiential marketing) media sosial terhadap loyalitas pelanggan Mcdonald’s Indonesia (studi kasus BTS meal). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kolaborasi antara McDonald’s dengan BTS pada Juni 2021 yaitu BTS Meal telah menjadi buah bibir di seluruh media sosial, khususnya di Indonesia. Antusiasme yang tinggi dari konsumen menyambut BTS Meal menyebabkan interaksi dengan jumlah yang besar di akun media sosial McDonald’s Indonesia. Di sisi lain, pihak McDonald’s Indonesia tidak responsif dan tidak melakukan interaksi dengan cepat tanggap melalui media sosial sehingga informasi promosi BTS Meal tidak transparan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pemasaran berbasis pengalaman (experiential marketing) yang dilakukan oleh McDonald’s Indonesia terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan mengenai media sosial McDonald’s Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pendekatan secara deskriptif. Sebanyak 266 responden terlibat dalam penelitian ini. Metode penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, experiential marketing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, terdapat pengaruh positif antara experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan, serta experiential marketing memiliki pengaruh langsung lebih besar dibandingkan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan McDonald’s Indonesia sehingga perlu adanya pembenahan terkait dengan respons yang lebih cepat dan tanggap pada keluhan konsumen serta pemberian apresiasi seperti mengingat nama konsumen McDonald’s Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:11
Last Modified: 16 Aug 2023 02:44
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item