Pengaruh Merger, Pengetahuan Perbankan Syariah, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Terhadap Generasi Milenial di Kabupaten Probolinggo)

Jannah, Miftahul (2022) Pengaruh Merger, Pengetahuan Perbankan Syariah, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Terhadap Generasi Milenial di Kabupaten Probolinggo). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan bank syariah di Indonesia saat ini mulai bertumbuh dengan pesat. Perbankan memiliki tujuan untuk menunjang pembangunan secara global dan juga meningkatkan keadilan, kebersamaan, dan pemerataan bagi kesejahteraan rakyat dengan prinsip yang diberikan dalam perbankan syariah. Sehingga tujuan dari perbankan syariah dapat diketahui oleh masyarakat dan dapat meningkatkan literasi masyarakat di Indonesia terhadap perbankan syariah, khususnya pada generasi milenial di Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merger, pengetahuan perbankan syariah, dan lingkungan sosial terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 120 orang yang telah ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer hasil dari penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan software Smart-PLS 3.0. Penelitian ini telah memenuhi uji evaluasi model pengukuran dan evaluasi model struktural dengan hasil valid dan reliabel. Penelitian ini menemukan bahwa pengetahuan perbankan syariah merupakan variabel yang paling besar mempengaruhi minat menabung, selanjtnya variabel yang dapat mempengaruhi minat menabung yaitu variabel lingkungan sosial. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa merger tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat menabung. Berdasarkan penelitian ini juga ditemukan nilai r-square sebesar 0.671 atau sebesar 67.1% dimana ini dapat diartikan bahwa, dari variabel merger, pengetahuan perbankan syariah, dan lingkungan sosial memberikan pengaruh terhadap variabel minat menabung sebesar 67.1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:54
Last Modified: 16 Aug 2023 02:51
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item