Evaluasi Usability Learning Management System Menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Task Centered System Design

Nuraminah, Ahlijati and Risnawati, Risnawati (2022) Evaluasi Usability Learning Management System Menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Task Centered System Design. Other. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ, Jakarta.

[img] Text
Laporan Akhir Penelitian.pdf

Download (1MB)

Abstract

E-Learning Management System STIMIK ESQ atau LMS STIMIK ESQ merupakan media pembelajaran online berbasis teknologi web. Mayoritas pengguna sistem ini adalah mahasiswa dan dosen. LMS mulai digunakan di STIMIK ESQ pada Semester Ganjil 2020/2021 bertepatan pada 14 September 2020, LMS ini diharapkan dapat menjadi fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran di STIMIK ESQ. Namun, hingga saat ini belum pernah dilakukan evaluasi terhadap LMS STIMIK ESQ yang dikaji dari tingkat usability-nya sehingga belum diketahui apakah LMS STIMIK ESQ telah efektif, efisien, dan memberikan kepuasan pengguna terhadap layanan LMS. Maka dalam penelitian ini dilakukan evaluasi usability menggunakan System Usability Scale (SUS) yaitu berupa kuesioner dengan skala likert. Interpretasi skor SUS responden berdasarkan grade, adjective, acceptability, dan Net Promoter Score (NPS). Hasil penelitian terhadap 65 responden dalam penggunakan LMS STIMIK ESQ diketahui skor SUS rata-rata responden 68 dengan interpretasi Grade C, responden menilai LMS, Ok (adjective), Acceptable (Marginal), namun bersifat pasif dalam segi NPS. Kata Kunci: Evaluasi, Usability, E-learning, LMS, System Usability Scale (SUS), Grade, Adjective, Acceptability, Net Promoter Score (NPS).

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 08:22
Last Modified: 22 Jul 2023 08:22
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item